Kamis, 08 Desember 2011

STRATEGI PENYIMPANAN DAN PENATAAN BAHAN KIMIA


I.         PENDAHULUAN

Bahan kimia yang ada di laboratorium jumlahnya relatif banyak seperti halnya jumlah peralatan. Di samping jumlahnya cukup banyak juga bahan kimia dapat menimbulkan resiko bahaya cukup tinggi, oleh karena itu dalam pengelolaan laboratorium aspek penyimpanan, penataan dan pemeliharaan bahan kimia  merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Hal umum yang harus menjadi perhatian di dalam penyimpanan dan penataan bahan kimia diantaranya meliputi aspek pemisahan (segregation), tingkat resiko bahaya (multiple hazards), pelabelan (labeling), fasilitas penyimpanan (storage facilities),  wadah sekunder (secondary containment), bahan kadaluarsa (outdate chemicals), inventarisasi (inventory), dan informasi resiko bahaya (hazard information).
Penyimpanan dan penataan bahan kimia berdasarkan urutan alfabetis tidaklah tepat, kebutuhan itu hanya diperlukan untuk melakukan proses pengadministrasian. Pengurutan secara alfabetis akan lebih tepat apabila bahan kimia sudah dikelompokkan menurut sifat fisis, dan sifat kimianya terutama tingkat kebahayaannya. Bahan kimia yang tidak boleh disimpan dengan bahan kimia lain, harus disimpan secara khusus dalam wadah sekunder yang terisolasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pencampuran dengan sumber bahaya lain seperti api, gas beracun, ledakan, atau degradasi kimia.
Bahan Radioaktif > Bahan Piroforik > Bahan Eksplosif > Cairan Flammable > Asam/basa Korosif > Bahan Reaktif terhadap Air > Padatan Flammable > Bahan Oksidator > Bahan Combustible > Bahan Toksik > Bahan yang tidak memerlukan pemisahan secara khusus
Banyak bahan kimia yang memiliki sifat lebih dari satu jenis tingkat bahaya. Penyimpanan bahan kimia tersebut harus didasarkan atas tingkat risiko bahayanya yang paling tinggi. Misalnya benzena memiliki sifat flammable dan toxic. Sifat dapat terbakar dipandang memiliki resiko lebih tinggi daripada timbulnya karsinogen. Oleh karena itu penyimpanan benzena harus ditempatkan pada cabinet tempat menyimpan zat cair flammable daripada disimpan pada cabinet bahan toxic. Berikut ini merupakan panduan umum untuk mengurutkan tingkat bahaya bahan kimia dalam kaitan dengan penyimpanannya.
Wadah bahan kimia dan lokasi penyimpanan harus diberi label yang jelas. Label wadah harus mencantumkan nama bahan, tingkat bahaya, tanggal diterima dan dipakai. Alangkah baiknya jika tempat penyimpanan masing-masing kelompok bahan tersebut diberi label dengan warna berbeda. Misalnya warna merah untuk bahan flammable, kuning untuk bahan oksidator, biru untuk bahan toksik, putih untuk bahan korosif, dan hijau untuk bahan yang bahayanya rendah.
          Di samping pemberian label pada lokasi penyimpanan, pelabelan pada botol reagen jauh lebih penting. Informasi yang harus dicantumkan pada botol reagen diantaranya :
-                  Nama kimia dan rumusnya
-                  Konsentrasi
-                  Tanggal penerimaan
-                  Tanggal pembuatan
-                  Nama orang yang membuat reagen
-                  Lama hidup
-                  Tingkat bahaya 
-                  Klasifikasi lokasi penyimpanan
-                  Nama dan alamat pabrik

Sebaiknya bahan kimia ditempatkan pada fasilitas penyimpanan secara tertutup seperti dalam cabinet, loker, dsb. Tempat penyimpanan harus bersih, kering dan jauh dari sumber panas atau kena sengatan sinar matahari. Di samping itu tempat penyimpanan harus dilengkapi dengan ventilasi yang menuju ruang asap atau ke luar ruangan. Bahan kimia cair yang berbahaya harus disimpan pula dalam wadah sekunder seperti baki plastik untuk mencegah timbulnya kecelakaan akibat bocor atau pecah. Wadah sekunder yang diperlukan harus didasarkan atas ukuran wadah yang langsung diisi bahan kimia, tidak atas dasar volume bahan cair yang ada dalam wadahnya. Ukuran wadah bahan primer yang perlu disediakan wadah sekundernya yaitu :
1.        Cairan radioaktif ketika wadah berukuran    ³ 250 mL
2.        Semua cairan berbahaya lain untuk wadah ³ 2,5 L
Secara  umum pengelompokkan  bahan berbahaya yang memerlukan wadah sekunder adalah:
1.      Cairan flammable dan combustible serta pelarut terhalogenasi misalnya alkohol, eter, trikloroetan, perkloroetan dsb.
2.      Asam-asam mineral pekat misalnya asam nitrat, asam klorida, asam sulfat, asam florida, asam fosfat dsb.
3.      Basa-basa pekat misalnya amonium hidroksida, natrium hidroksida, dan kalium hidroksida.
4.       Bahan radioaktif
Bahan kimia kadaluarsa, bahan kimia yang tidak diperlukan, dan bahan kimia yang rusak harus dibuang melalui unit pengelolaan limbah. Ingat bahwa biaya pembuangan bahan kimia akan meningkat jika ditunggu sampai waktu cukup lama, oleh karena itu limbah kimia harus dibersihkan setiap saat.


II.  ISI

Di suatu laboratorium, MSDS (Materials Safety Data Sheets) atau sumber lain yang memberikan informasi tentang resiko bahaya dari setiap bahan harus ada. Hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan informasi itu, atau jalin hubungan dengan Rumah Sakit untuk mempermudah penanganan jika terjadi kecelakaan di laboratorium. Di dalam MSDS biasanya terdapat informasi tentang  nama produk dan industri, komposisi bahan, identifikasi tingkat bahaya, pertolongan pertama bila terkena bahan itu, cara menangani kecelakaan, penanganan dan penyimpanan, cara perlindungan fisik, kestabilan dan kereaktifan, informasi toksikologi, ekologi, transportasi, pembuangan dan aturan pemerintah yang diberlakukan.
Berikut ini akan dibahas tentang panduan cara penyimpanan dan penataan bahan kimia untuk masing-masing bahan menurut kelompok tingkat bahayanya.
1.    Penyimpanan dan penataan bahan kimia radioaktif
Tidak sembarangan laboratorium dapat membeli, menggunakan, menyimpan dan membuang bahan radioaktif. Bahan tersebut dapat diadakan di suatu lab makala mendapat izin dari Departemen Kesehatan khususnya bagian radiasi. Sekalipun di laboratorium sekolah bahan ini tidak tersedia, tidak ada salahnya bagi anda mengetahui cara penyimpanannya. Bahan radioaktif harus disimpan di suatu tempat yang terawasi dan terjaga keamanannya dari kehilangan oleh orang yang tak bertanggung jawab.  Pada tempat penyimpanan harus dituliskan kata “HATI-HATI BAHAN RADIOAKTIF ( CAUTION RADIOACTIVE MATERIALS)”. Catat jumlah nyata dan perhatikan batas jumlah penyimpanan yang diperbolehkan. Hubungi Radiation Safety Officer untuk memperoleh informasi rinci tentang penggunaan dan penyimpanan bahan radioaktif tersebut.
 2.  Penyimpanan dan penataan bahan kimia reaktif
Bahan reaktif dikategorikan sebagai bahan yang bereaksi sendiri atau berpolimerisasi menghasilkan api atau gas toksik ketika ada perubahan tekanan atau suhu, gesekan, atau kontak dengan uap lembab. Biasanya bahan reaktif memiliki lebih dari satu macam kelompok bahan bahaya, misalnya  bahan tersebut termasuk padatan flammable juga sebagai bahan yang reaktif terhadap air, karena itu memerlukan penanganan dan penyimpanan secara khusus. Biasanya sebelum menentukan cara terbaik dalam penyimpanan bahan kimia reaktif, terlebih harus menentukan bahaya spesifik dari bahan itu.

Bahan kimia reaktif biasanya dikelompokkan menjadi bahan kimia piroforik,  eksplosif,  pembentuk peroksida, dan reaktif air.  Bahan piroforik adalah bahan yang dapat terbakar ketika kontak dengan udara pada suhu < 54,44 0C. Bahan kimia piroforik ada yang berupa padatan seperti fosfor, cairan seperti tributilaluminium atau gas seperti silan. Bahan piroforik harus disimpan di dalam cabinet flammable secara terpisah dari cairan flammable dan cairan combustible. Unsur fosfor harus disimpan dan dipotong dalam air. Demikian gas silan harus disimpan secara khusus.
Bahan eksplosif adalah bahan yang dapat menimbulkan ledakan. Ledakan tersebut diakibatkan oleh penguraian bahan secara cepat  dan menghasilkan pelepasan energi dalam bentuk panas, api dan perubahan tekanan yang tinggi. Banyak faktor yang menyebabkan suatu bahan dapat meledak, sehingga menyulitkan dalam pengelompokkan bahan eksplosif ini. Faktor yang menunjang timbulnya ledakan dari bahan kimia di laboratorium diantaranya adalah : (1) Kandungan oksigen senyawa. Beberapa peroksida (misalnya benzyol peroksida kering) dan oksidator kuat lainnya mudah meledak, (2) Gugus reaktif. beberapa senyawa seperti hidrazin memiliki gugus oksidatif dan reduktif, sehingga sangat tidak stabil. Beberapa senyawa nitro (misalnya Trinitrotoluen/TNT, azida, asam pikrat kering) juga mudah meledak. Hati-hati dalam membaca label bahan kimia, dan perhatikan lambang yang menunjukkan kestabilan dan mudah meledaknya bahan tersebut. Keputusan yang harus diambil dalam menentukan penyimpanan bahan mudah meledak atas sifat masing-masing bahan kimia tersebut. Perhatikan secara khusus agar penyimpanan bahan tersebut tidak mengundang atau meningkatkan bahaya misalnya hindari penyimpanan asam pikrat jangan sampai kering.
Beberapa eter dan senyawa sejenis cenderung bereaksi dengan udara dan cahaya membentuk senyawa peroksida yang tidak stabil. Bahan kimia yang dapat membentuk peroksida tersebut diantaranya adapah p-dioksan, etil eter, tetrahidrofuran, asetaldehid, dan sikloheksena. Untuk meminimalkan timbulnya bahaya dari bahan kimia tersebut, maka cara yang harus diperhatikan dalam penyimpanannya adalah sebagi berikut :
1.      Simpan bahan kimia pembentuk peroksida itu dalam botol tertutup rapat (tidak kontak dengan udara) atau dalam wadah yang tidak terkena cahaya.
2.       Berikan label pada wadah tentang tanggal diterima dan dibuka bahan tersebut.
3.      Uji secara periodik (3 atau 6 bulan) terjadinya pembentukan peroksida. Buanglah peroksida yang telah dibuka setelah 3 - 6 bulan
4.      Buanglah wadah bahan kimia pembentuk peroksida yang tidak pernah dibuka  sesuai batas kadaluarsa yang diberikan pabrik atau 12 bulan setelah diterima.
Bahan yang reaktif dengan air apabila kontak dengan dengan udara lembab saja akan menghasilkan senyawa toksik, flammable, atau gas mudah meledak. Misalnya hipoklorit dan logam hidrida. Oleh karena itu penyimpanan bahan kimia ini harus dijauhkan dari sumber air (jangan menyimpannya di bawah atau di atas bak cuci, dst.). Gunakan pemadam api dengan bahan kimia kering apabila terjadi kebaran dengan bahan ini. Simpan dalam desikator yang diisi dengan silika gel.
3.  Penyimpanan dan penataan bahan kimia korosif
Bahan kimia korosif terdiri dari dua macam yaitu asam dan basa.  Penyimpanan bahan kimia korosif jangan sampai bereaksi dengan tempat penyimpanannya (lemari rak dan cabinet). Perhatikan bahwa diantara bahan korosif dapat bereaksi dengan hebat, sehingga dapat mengganggu   kesehatan pengguna.  
Untuk keperluan penyimpanan, asam-asam yang berujud cairan diklasifikasi lagi menjadi tiga jenis yaitu asam-asam organik (misalnya asam asetat glacial, asam format, asam mineral (misalnya asam klorida dan asam fosfat), dan asam mineral oksidator (misalnya asam kromat, asam florida, asam perklorat, dan asam berasap seperti asam nitrat dan asam sulfat). Panduan penyimpanan untuk kelompok asam ini diantaranya adalah :
a.       Pisahkan asam-asam tersebut dari basa dan logam aktif seperti natrium (Na), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dll.
b.      Pisahkan asam-asam organik dari asam mineral dan asam mineral oksidator,
c.       Penyimpanan asam organik biasanya dibolehkan dengan cairan flammable dan combustible.
d.      Pisahkan asam dari bahan kimia yang dapat menghasilkan gas toksik dan dapat menyala seperti natrium sianida (NaCN),  besi sulfida (FeS), kalsium karbida (CaC2) dll.
e.       Gunakan wadah sekunder untuk menyimpan asam itu, dan gunakan botol bawaannya ketika dipindahkan ke luar lab.
f.       Simpanlah botol asam pada tempat dingin dan kering, dan jauhkan dari sumber panas atau tidak terkena langsung sinar matahari.
g.      Simpanlah asam dengan botol besar pada  kabinet atau lemari rak asam. Botol besar disimpan pada rak lebih bawah daripada botol lebih kecil.
h.      Simpanlah wadah asam pada wadah sekunder seperti baki plastik untuk menghindari cairan yang tumpah atau bocor. Baki plastik atau panci kue dari pyrex sangat baik digunakan lagi pula murah harganya. Khusus asam perklorat harus disimpan pada wadah gelas atau porselen dan jauhkan dari bahan kimia organik.
i.        Jauhkan asam oksidator seperti asam sulfat pekat dan asam nitrat dari bahan flammable dan combustible.
Penyimpanan basa padatan atau cairan seperti amonium hidroksida (NH4OH), kalsium hidroksida, Ca(OH)2, kalium hidroksida (KOH), natrium hidroksida (NaOH) harus dilakukan sebagai berikut :
a.       Pisahkan basa dari asam, logam aktif, bahan eksplosif, peroksida organik, dan bahan flammable.
b.      Simpan larutan basa anorganik dalam wadah polyethylene (plastik).
c.       Tempatkan wadah larutan basa dalam baki plastik untuk menghindari pecah atau keborocan.
d.      Simpanlah botol-botol besar larutan basa dalam lemari rak atau cabinet yang tahan korosif. Botol besar disimpan pada rak lebih bawah daripada botol lebih kecil.
Gambar berikut memperlihatkan penyimpanan bahan kimia pada wadah primer dan wadah sekunder yang disimpan dalam lemari/cabinet.
 4.  Penyimpanan dan penataan bahan kimia Flammable & Combustable

Cairan Bahan kimia flammable dan combustible diklasifikasi menurut titik bakar/nyala (flash point) dan titik didihnya (boiling point). Titik bakar dinyatakan sebagai suhu minimum  cairan untuk menghasilkan uap yang cukup sehingga dapat terbakar ketika bercampur dengan udara. Cairan flammable kelas I mempunyai titik bakar  < 37,8 0C dan memiliki tekanan uap tidak melebihi 40 pon/inci2 pada 37,8 0C.  Cairan flammable ini dibagi lagi ke dalam sub-klas yaitu :
a.       Kelas IA mempunyai titik bakar < 22,8 0C  dan titik didih < 37,8 0C.  Misalnya aerosol flammable.
b.      Kelas IB mempunyai titik bakar < 22,8 0C  dan titik didih ³ 37,8 0C.
c.       Kelas IC mempunyai titik bakar ³ 22,8 0C dan < 37,8 0C, sedangkan titik didihnya tidak ditentukan.           
Cairan combustible dikelompokkan ke dalam Kelas II dan III  dengan titik bakar ³ 37,8 0C. Cairan ini dibagi lagi ke dalam kelas sebagai berikut :
a.           Kelas II : Cairan yang mempunyai titik bakar ³ 37,8 0C tetapi < 60,0 0C.
b.          Kelas III A : Cairan yang mempunyai titik bakar ³ 60,0 0C dan < 93,4 0C.
c.           Kelas III B : Cairan yang mempunyai titik bakar ³ 93,4 0C.
Bahan kimia flammable dapat disimpan dengan bahan kimia combustible, asam organik combustible (misalnya asetat), pelarut non-flammable (metilklorida). Beberapa cairan flammable yang umumnya dijumpai diantaranya adalah asetaldehid, aseton, heksana, toluen, ksilena, etanol. Secara umum penyimpanan cairan flammable di laboratorium adalah sebagai berikut .
a.           Cairan flammable kelas I yang jumlahnya > 10 galon hingga 25 galon harus disimpan dalam wadah (cans) yang aman, sedangkan dari > 25 galon hingga 60 galon harus disimpan juga dalam cabinet.
b.          Wadah dari gelas jangan digunakan untuk menyimpan cairan flammable. Pelarut dengan kualitas teknis harus disimpan dalam wadah logam.
c.           Cairan flammable yang memerlukan kondisi dingin, hanya disimpan pada kulkas yang bertuliskan “Lab-Safe” atau “Flammable Storage Refrigerators”.  Jangan sekali-kali menyimpan cairan flammable di dalam kulkas biasa.
d.          Jauhkan bahan flammable dari oksidator.
e.           Hindari penyimpanan cairan flammable dari panas, sengatan matahari langsung, sumber nyala atau api.

Bahan kimia padatan yang cepat terbakar karena gesekan,  panas, ataupun reaktif terhadap air dan spontan terbakar dinamakan padatan flammable.  Misalnya asam pikrat, kalsium karbida, fosfor pentaklorida, litium, dan kalium. Unsur litium (Li), kalium (K), dan natrium (Na) harus disimpan di dalam  minyak tanah (kerosene) atau minyak mineral. Padatan flammable ini harus disimpan dalam cabinet flammable dan dijauhkan dari cairan flammble atau  cairan combustible. Bila reaktif terhadap air, janganlah disimpan di bawah bak cuci, dsb.
5.   Penyimpanan dan penataan bahan kimia oksidator
Bahan kimia yang termasuk oksidator adalah bahan kimia yang menunjang proses pembakaran dengan cara melepaskan oksigen atau bahan yang dapat mengoksidasi senyawa lain. Misalnya kalium permanganat (KMnO4), feri klorida (FeCl3), natrium nitrat (NaNO3), hidrogen peroksida (H2O2). Bahan kimia oksidator harus dipisahkan dari bahan-bahan flammable dan combustible serta bahan kimia reduktor seperti seng (Zn), logam alkali (litium = Li, natrium = Na, kalium = K, rubidium = Rb) dan asam formiat (HCOOH). Jangan menyimpan pada wadah/tempat yang terbuat dari kayu juga jangan berdekatan dengan bahan lain yang mudah terbakar. Simpan pada tempat dingin dan kering.
6.  Penyimpanan dan penataan bahan kimia beracun (toxic)
Bahan kimia ini terdiri dari bahan beracun tinggi (highly toxic) dengan ciri memiliki oral rate LD50 (Lethal Dosis 50%) < 50 mg/kG, beracun (toxic) dengan oral rate LD50 50-100 mg/kG dan sebagai bahan kimia karsinogen (penyebab kanker). Tulisi wadah bahan kimia ini dengan kata “bahan beracun”. Simpan di dalam wadah yang tidak mudah pecah, dan tertutup rapat. Tabel-1 memperlihatkan beberapa bahan kimia toksik yang selama ini sudah dicarikan penggantinya. Sedangkan Tabel-2 memperlihatkan bahan-bahan kimia karsinogen.
   
        Tabel-1. Bahan Kimia Toksik dan Penggantinya

Bahan Kimia Toksik

Pengganti

Chloroform
Hexanes
Carbon tetrachloride
Hexanes
1,4-Dioxane
Tetrahydrofuran
Benzene
Cyclohexane atau Toluene
Xylene
Toluene
2-Butanol
1-Butanol
Lead chromate
Copper carbonate
p-Dichlorobenzene
Naphthalene, Lauric acid, Cetyl alcohol, 1-Octadecanol, Palmitic acid, or Stearic acid
Potassium
Calcium
Dichromate/Sulfuric acid mixture
Ordinary detergents
Trisodium phosphate
Ordinary detergents
Alcoholic potassium hydroxide
Ordinary detergents


Tabel-2 bahan Kimia Karsinogen          
 Bahan Kimia Karsinogen
    • 2-Acetylaminofluorene
    • Acrylonitrile
    • 4-Aminodiphenyl
    • Asbestos
    • Benzene
    • Benzidine (and its salts)
    • 1,3 - Butadiene
    • bis-Chloromethyl ether
    • Cadmium
    • Coke oven emissions
    • Dibromochloropropane (DBCP)
    • 3,3'-Dichlorobenzidine (and its salts)
    • 4-Dimethylaminoazobenzene
    • Ethylene dibromide
    • Ethyleneimine
    • Ethylene oxide
    • Formaldehyde
    • Inorganic Arsenic
    • Methyl chloromethyl ether 4,4'-Methylene bis(2-chloroaniline)
Bahan Kimia Karsinogen
    • Methylene chloride
    • Methylenedianiline
    • alpha-Naphthylamine
    • beta-Naphthylamine
    • 4-Nitrobiphenyl
    • N-Nitrosodimethylamine
    • beta-Propiolactone
o   Vinyl chloride
  
   7.  Penyimpanan dan penataan bahan kimia sensitif cahaya
Penyimpanan bahan kimia yang sensitif cahaya harus dipisahkan atas dasar tingkat kebahayaannya. Misalnya brom dengan oksidator, arsen dengan senyawa beracun. Beberapa concoh senyawa sensitif cahaya diantaranya adalah brom (Br2), garam merkuri, kalium ferosianida, K4[Fe(CN)6], natrium iodida (NaI) dll. Agar tidak terjadi penguraian, bahan kimia ini harus terhindar dari cahaya. Simpanlah bahan sensitif cahaya ini dalam botol berwarna coklat (amber bottle). Apabila botol penyimpan bahan kimia ini harus dibungkus dengan foil (kertas perak/timah), maka tuliskan label pada bagian luar botol tersebut.

     8.  Penyimpanan dan penataan Gas Terkompresi (Compressed Gases)

Dengan memperhatikan Gambar-9 di atas,
a.       Pisahkan dan tandai mana tabung gas yang berisi dan mana yang kosong.
b.      Amankan bagian atas dan bawah silinder dengan menggunakan rantai dan rak logam.
c.       Atur regulator ketika gas dalam silider digunakan.
d.      Pasang tutup pentil ketika silinder tidak digunakan.
e.       Jauhkan silinder dari sumber panas,    bahan korosif   bahan berasap maupun bahan mudah terbakar.
f.       Pisahkan silinder yang satu dengan yang lainnya jika gas dari silinder satu dapat menimbulkan reaksi  dengan gas dari silinder lain.
g.      Gunakan lemari asap untuk mereaksikan gas yang diambil dari silinder.
h.      Gunakan gerobak yang dilengkapi rantai ketika memindahkan silinder gas berukuran besar.
i.        Jagalah sumbat katup jangan sampai lepas ketika menggeser-geserkan silinder, karena gas dalam silinder memiliki tekanan tinggi.

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, mana saja penyimpanannya yang harus didekatkan dan mana saja yang harus dipisahkan.
Tabel-3
Matriks Bahan Kimia yang incompatable
(tidak boleh disimpan bersamaan)


Asam An-organik
As.Oksidator
Asam Organik
Basa
Oksidator
Anorganik Racun
Organik racun
Reaktif air
Pelarut organik
Asam An-organik


X
X

X
X
X
X
Asam oksidator


X
X

X
X
X
X
Asam organik
X
X

X
X
X
X
X

Basa
X
X
X



X
X
X
Oksidator


X



X
X
X
An-organik racun
X
X
X



X
X
X
Organik racun
X
X
X
X
X
X



Reaktif air
X
X
X
X
X
X



Pelarut organik
X
X

X
X
X



  x = tidak boleh disimpan bersamaan

Tabel-4 Klasifikasi Penyimpanan Bahan Kimia

Bahan Kimia
Tidak Boleh Bercampur dengan
Asam asetat
CH3COOH
Asam kromat,  H2Cr2O4;  Asam nitrat, HNO3;
Senyawa hidroksil, -OH; Etilen glikol, C2H6O2;
Asam perklorat, HClO4; Peroksida, H2O2, Na2O2;
Permanganat, KMnO4
Aseton
CH3COCH3
Campuran asam nitrat dan asam sulfat pekat, (HNO3 pkt + H2SO4 pkt); Basa kuat, NaOH, KOH
Asetilen
C2H2
Flor, F2;  Klor, Cl2; Brom, Br2; Tembaga, Cu; Perak, Ag; Raksa, Hg
Logam alkali
Li, Na, K
Air, H2O; Karbon tetraklorida, CCl4; Hidrokarbon terklorinasi, CH3Cl; Karbon dioksida, CO2; halogen, F2, Cl2, Br2, I2
Amonia anhidros,
NH3
Raksa, Hg; Kalsium, Ca; Klor, Cl2; Brom, Br2; Iod, I2; Asam florifa, HF; Hipoklorit, HClO, Ca(ClO)2
Amonium nitrat,
NH4NO3
Asam;  serbuk logam; cairan dapat terbakar; Klorat,  ClO3- ; Nitrit, NO2-; belerang, S8; serbuk organik; bahan dapat terbakar
Anilin
C6H5NH2
Asam nitrat, HNO3;
Hidrogen proksida, H2O2
Bahan arsenat, AsO3-
Bahan reduktor
Azida, N3-
Asam
Brom, Br2
Amonia, NH3; Asetilen, C2H2; butadiena, C4H6; butana, C4H10; metana, CH4; propana, C3H8 (    atau gas minyak bumi), hidrogen, H2; Natrium karbida, NaC; terpentin; benzen, C6H6; serbuk logam
Kalsium oksida, CaO
Air, H2O
Karbon aktif, C
Kalsium hipoklorit, Ca(ClO)2; Semua oksidator
Karbon tetraklorida, CCl4
Natrium, Na
Klorat, ClO3-
Garam amonium; asam; Serbuk logam; Belerang, S8; Bahan organik serbuk; Bahan dapat terbakar
Asam kromat, H2Cr2O4; Krom trioksida, Cr2O3
Asam asetat, CH3COOH; Naftalen, C10H8; Kamper, C10H16O; gliserol, HOCH2CH(OH)CH2OH; Gliserin; terpentin; alkohol; cairan mudah terbakar
Klor, Cl2
Ammonia, acetylene, butadiene, butane, methane, propane (or other petroleum gases), hydrogen, sodium carbide, turpentine, benzene, finely divided metals
Klor dioksida, ClO2 
Ammonia, metana, fosfin, Asam sulfida
Tembaga
Asetilen, hidrogen peroksida
Cumene  hidroperoksida
Asam, organik atau anorganik
Sianida
Asam
Cairan dapat terbakar 
Amonium nitrat, Asam kromat, hidrogen peroksida, Asam nitrat, Natrium peroksida, halogen
Hidrokarbon
Flor, klor, brom, ASam kromat, Natrium peroksida
Asam sianat 
Asam nitrat, Basa
Asam florida 
Ammonia, aqueous or anhydrous
Hidrogen peroksida
Tembaga, Krom, Besi, Kebanyakan logam atau garamnya, Alkohol, Aseton, bahan organik, Anilin, Nitrometan, Cairan dapat terbakar
Asam sulfida
Asam nitrat berasap, Asam lain, Gas oksidator, Asetilen, Amonia (berair atau anhidros), Hidrogen
Hipoklorit
Asam, Karbon aktif
Iod
Asetilen, Amonia (berair atau anhidros), Hidrogen
Raksa
Asetilen, Asam fulmanat, Amonia
Nitrat
Asam sulfat
Asam nitrat (pekat)

Asam asetat, Anilin, Asam kromat, Asam sianat, Asam sulfida, Cairan dapat terbakar,   Gas dapat terbakar, Tembaga, Kuningan, Logam berat
Nitrit
Asam
Nitroparafin
Basa anorganik, Amina
Asam oksalat 
Perak,  Raksa
Oksigen 
Oli, Lemak, hidrogen; Cairan, padatan, dan Gas dapat terbakar
Asam perklorat 
Asetat  anhidrid, Bismut  dan aliasinya, Alkohol, Kertas, Kayu, Lemak dan oli
Peroksida, organik
Asam (organik atau mineral), Hindari gesekan, Simpan di tempat dingin
Fosfor (putih) 
Udara, Oksigen, Basa, Bahan reduktor
Kalium
Karbon tetraklorida, Karbon dioksida, Air
Kalium klorat dan Perklorat 
Asam sulfat dan asam lain
Kalium permanganat 
Gliserin, Etilen glikol, Benzaldehid, Asam sulfat
Selenida
 Bahan reduktor
Perak
Asetilen, Asam oksalat, Asam tartrat, Senyawa amonium, Asam fulmanat
Natrium
Karbon tetraklorida, Karbon dioksida, Air
Natrium Nitrit
Amonium nitrat dan Garam amonium lain
Natrium peroksida
Etil atau metil alkohol, Asam asetat glacial, Asetat anhidrida, Benzaldehid, Karbon disulfida, Gliserin, Etilen glikol, Etil asetat, Metil asetat, furfural
Sulfida
Asam
Asam sulfat  
Kalium klorat, Kalium perklorat, kalium permanganat (atau senyawa dari logam ringan seperti natrium, litium, dll.)
Telurida
Bahan reduktor
(From Manufacturing Chemists' Association, Guide for Safety in the Chemical Laboratory, pp. 215-217, Van Nostrand Reinhold

III.   PENUTUP
Para pengelola laboratorium hendaknya memiliki pemahaman dan keterampilan kerja di laboratorium, bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya, dan mengikuti peraturan.
Salah satu aktivitas yang dilakukan di laboratorium adalah penyimpanan dan penataan bahan kimia. Penyimpanan bahan kimia sangat penting karena selain bahan kimia sangat mahal , juga menyangkut keselamatan kerja dilaboratorium.
Hal – Hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan bahan adalah :
1.  Wujud Zat
     Padat Disimpan terpisah dari cair
2.  Konsentrasi Zat :
     Konsentrasi yang pekat disimpat terpisah dan khusus , misalnya HCl pekat
3.  Bahaya dari zat : Zat yang berbahaya tidak disimpan diatas ( lebih tinggi dari badan)
4.  Label : Semua wadah yang berisi bahan / zat kimia harus diberi label
5.  Kepekaan Zat terhadap cahaya
     Zat yang peka terhadap cahaya disimpan dalam botol cokelat
6.  Kemudahan Menguap : zat yang mudah menguap disimpan ditempat yang dingin dan sejuk.
             Cara menyimpan bahan laboratorium kimia dengan memperhatikan kaidah penyimpanan, masing-masing bahan harus diketahui sifatnya sebelum melakukan penyimpanan, seperti:
1.   Bahan yang dapat bereaksi dengan kaca sebaiknya disimpan dalam botol plastik.
2.   Bahan yang dapat bereaksi dengan plastik sebaiknya disimpan dalam botol kaca.
3.   Bahan yang dapat berubah ketika terkenan matahari langsung, sebaiknya disimpan dalam
 botol gelap dan diletakkan dalam lemari tertutup. Sedangkan bahan yang tidak mudah
rusak oleh cahaya matahari secara langsung dalam disimpan dalam botol berwarna bening.
4. Bahan berbahaya dan bahan korosif sebaiknya disimpan terpisah dari bahan lainnya.
5.   Penyimpanan bahan sebaiknya dalam botol induk yang berukuran besar dan dapat pula
menggunakan botol berkran. Pengambilan bahan kimia dari botol sebaiknya secukupnya saja sesuai kebutuhan praktikum pada saat itu. Sisa bahan praktikum disimpam dalam botol kecil, jangan dikembalikan pada botol induk. Hal ini untuk menghindari rusaknya bahan dalam botol induk karena bahan sisa praktikum mungkin sudah rusak atau tidak murni lagi.
6. Bahan disimpan dalam botol yang diberi simbol karakteristik masing-masing bahan.

DAFTAR PUSTAKA

Imam, Agustus 2011. Penataan dan pengadministrasian alat dan bahan laboratorium kimia, http://www. strategi penyimpanan bahan kimia,pdf.
Muchtaridi ,Keselamatan kerja di laboratorium Jurusan Farmasi FMIPA UNPAD http://www.keselamatan kerja laboratorium, pdf.
Riandi,Agustus 20011. Pengelolaan Laboratorium IPA,http://www. Laboratorium sain,pdf.
Situmorang,2011.Bahan Kuliah Pengelolaan Laboratorium, PPS Unimed  Medan.
Tim Dosen, 2009. Pengelolaan Laboratorium, FMIPA Unimed Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar