Kamis, 08 Desember 2011

Pengembangan Softskill siswa melalui Pembelajaran Kimia


Kelas / Semester           :  X / 1
Standar Kompetensi      :    1.    Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Kompetensi Dasar       :  1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,  ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya  dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
I.    Indikator: 
(1)   Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan keelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
(2)   Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
(3)   Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
II.  Tujuan:
   Siswa dapat,
(1)      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi
(2)      Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
(3)      Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
(4)      Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
III.    Materi Ajar         : 
Ikatan Kimia
o   Ikatan ion
o   Ikatan kovalen
o   Kepolaran senyawa

IV. Strategi Pembelajaran   : Strategi pembelajaran deduktif
    Metode Pembelajaran           : Ceramah/Penyampaian Informasi - TGT (Team Games      Tournament)
Model Pembelajaran             : Cooperative Learning
Media yang digunakan         : Teka-teki silang (crossword puzzle)

Banyak ahli berpendapat bahwa model pembelajaran kooperatif unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit. Pembelajaran kooperatif juga menurut mereka memberikan efek terhadap sikap penerimaan perbedaan antar-individu, baik ras, keragaman budaya, gender, sosial-ekonomi, dll.Selain itu yang terpenting, pembelajaran kooperatif mengajarkan keterampilan bekerja sama dalam kelompok atau teamwork. Keterampilan ini sangat dibutuhkan anak saat nanti lepas ke tengah masyarakat.
Dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif pembelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar. Langkah ini kemudian diikuti oleh penyajian informasi baik berupa bahan bacaan maupun informasi verbal lainnya. Selanjutnya siswa dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok belajar. Tahap ini selanjutnya diikuti dengan bimbingan oleh guru pada saat siswa belajar dalam kelompok. Lalu, guru memberikan evaluasi tentang hal-hal yang telah mereka pelajari dan kemudian memberikan penghargaan terhadap usaha-usaha yang telah dilakukan oleh individu maupun oleh kelompok.
Model pembelajaran kooperatif mempunyai banyak sekali variasi. Salah satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Dalam TGT siswa memainkan permainan-permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. Permainan dapat disusun guru dalam bentuk kuis berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kadang-kadang dapat juga diselingi dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kelompok (identitas kelompok mereka).
Salah satu permainan dalam TGT dapat berupa teka-teki silang. Pada prinsipnya permainan ini harus memungkinkan semua siswa dari semua tingkat kemampuan (kepandaian) untuk menyumbangkan poin bagi kelompoknya. Soal sulit untuk anak pintar, dan soal yang lebih mudah untuk anak yang kurang pintar. Hal ini dimaksudkan agar semua anak mempunyai kemungkinan memberi skor bagi kelompoknya. Permainan yang dikemas dalam bentuk turnamen ini dapat berperan sebagai penilaian alternatif atau dapat pula sebagai review materi pembelajaran
Langkah-langkah permainan teka-teki silang kimia :
Pada pertemuan sebelumnya, guru telah menjelaskan tentang materi ikatan kimia. Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 5 orang siswa secara heterogen. Lembaran TTS dibagikan pada tiap kelompok, dan guru menjelaskan aturan permainannya. Setiap kelompok harus bekerja sama untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan guru. Setiap anggota kelompok dituntut harus bermain dengan sportif, maka pada saat waktu yang ditentukan telah habis, maka setiap kelompok harus berhenti mengerjakannya. Perwakilan setiap kelompok membacakan jawaban kelompoknya masing-masing. Guru bersama-sama dengan siswa membahas TTS tersebut. Pada akhir dari permainan ini, kelompok yang mempunyai skor tertinggi diberikan penghargaan yaitu berhak membuat beberapa soal dalam bentuk TTS yang akan diujikannya kepada kelompok lainnya. Dengan demikian  setiap kelompok menjadi termotivasi untuk menjadi kelompok pemenang.
Softskill yang dapat dikembangkan dengan variasi atau kombinasi antara strategi, metode, model dan media pembelajaran kimia yang digunakan adalah:
1.  Bersemangat
Dalam kondisi pembelajaran yang digunakan diatas, siswa akan terpicu lebih bersemangat untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan guru, karena siswa dikondisikan dengan pembelajaran yang menarik.
2.  Loyalitas
Setiap anggota kelompok  dituntut untuk memberikan kontribusinya dalam memberikan jawaban, dan ikut andil dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan benar.
3.  Kejujuran
Setiap anggota kelompok harus bersikap jujur dengan jawaban yang telah diberikan, tidak menyontek hasil pekerjaan kelompok yang lain.
4.  Menggembirakan
Pembelajaran yang dikondisikan dalam bentuk permainan dan turnamen tentunya dapat menggembirakan para anggota kelompok.
5.  Bertanggungjawab
Setiap anggota kelompok harus dapat mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan kelompoknya masing-masing. Dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggungjawab yang sama untuk menyelesaikannya sampai tuntas.
6.  Menjaga kesatuan
Setiap anggota kelompok dituntut untuk tidak membocorkan jawaban kelompoknya kepada kelompok lainnya, dan harus tetap memiliki rasa dan sikap keutuhan kelompok untuk mengalahkan kelompok lainnya.
7.  Berdisiplin
Setiap anggota kelompok harus mengikuti aturan permainan yang telah ditetapkan. Kelompok yang melanggar peraturan akan mendapatkan sanksi, dan kelompok yang berhasil memenangkan permainan mendapatkan reward.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar